You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Banjir di Jakarta karena Oknum Perusak Lingkungan
.
photo Rio Sandiputra - Beritajakarta.id

Banjir di Jakarta karena Oknum Perusak Lingkungan

Bencana banjir yang kerap melanda merupakan akibat kerusakan lingkungan yang sudah melewati batas. Kesadaran masyarakat tentang kelestarian lingkungan diperlukan untuk mengembalikan fungsi saluran dan kali seperti semula.

Ini persoalan serius, kenapa kita menyakiti lingkungan kita, karena jiwa kita sakit, karena kita serakah, hanya demi kepentingan materi ekonomi

"Kita menyakiti kali kita, kita menyakiti lingkungan kita, kenapa kita menyakiti mereka, sehingga mereka menjadi sumber musibah bagi kita. Ini persoalan serius, kenapa kita menyakiti lingkungan kita, karena jiwa kita sakit, karena kita serakah, hanya demi kepentingan materi ekonomi," ujar Djarot Saiful Hidayat, Wakil Gubernur DKI Jakarta saat menghadiri peringatan Hari Kali Ciliwung, di Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (11/10).

Memang dasarnya secara topografi Kota Jakarta menjadi langganan banjir. Namun karena ditambah kerusakan lingkungan, menjadi sulit ditangani. "Dari zaman VOC sudah ada banjir karena topografi Jakarta. Tapi semakin tahun semakin dahsyat. Ini bikin alam murka, karena kita didorong oleh keserakahan secara materi. Kita lupa bahwa sumber kehidupan kita itu air," ucapnya.

Motor Boleh Masuk Tol Jika Banjir

Djarot mengatakan, alam tidak akan bisa memberikan semuanya untuk memenuhi kerakusan manusia. Justru, manusia yang dibekali kemampuan, kewenangan, energi, seharusnya mengerahkan semua potensi demi menyelamatkan sumber kehidupan ini.

"Ini tantangan buat kita semua, kalau kita keruk untuk kepentingan ekonomi, rusak. Kita kaya raya iya, alam menyediakan apapun pada kita iya, alam mencukupi kita iya, tapi alam tidak akan bisa memenuhi kerakusan kita. Semakin kita rakus, semakin alam ini diperkosa betul," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1227 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1153 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1128 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1060 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1058 personAldi Geri Lumban Tobing